Bahasa Indonesia English

BERITA

Bantuan Pangan dan Obat dari Masyarakat Indonesia Berhasil Diterima Warga Gaza

17 Juli 2014 09:52:07 / Hits : 1569 / Posted by Administrator
Bantuan Pangan dan Obat dari Masyarakat Indonesia Berhasil Diterima Warga Gaza

Jakarta - Bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina berhasil disalurkan oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bantuan itu berupa paket pangan hingga air kepada warga Palestina.

Di bulan Ramadan ini penduduk Gaza pun ikut menikmati makanan berbuka penuh gizi yang disalurkan oleh mitra dan relawan lokal ACT di Gaza, Palestina. Di tengah kecamuk perang yang belum ada tanda-tanda berhenti, relawan ACT bertekad segera mengirim food parcel, obat-obatan, dan membuka Dapur Umum Ramadan, serta pengadaan air minum dengan truk tanki air yang akan keliling di Gaza City.

Selama ini, secara periodik ACT menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut kepada Palestina. Selain bantuan pangan bagi sebagian besar penduduk Gaza yang kehilangan mata pencaharian akibat perang, ACT juga mengirim donasi dari masyarakat Indonesia untuk kebutuhan kesehatan melalui Jabaliya Medical Centre.

"Pengiriman dana operasional tergantung kebutuhan pihak Jabaliya Medical Centre," ujar Vice President ACT Ibnu Khajar dalam rilis ACT yang diterima Rabu (16/7/2014).

Akibat bombardir militer Israel, penduduk Gaza kini harus mengalami kesulitan lebih parah lagi. Selain kesulitan memperoleh makanan, penduduk Gaza kesulitan mendapatkan air bersih.

"Sebenarnya penduduk Gaza sudah bertahun-tahun kesulitan mendapatkan air bersih akibat air tanah disedot oleh pihak Israel, untuk keperluan penduduk Kota Tel Aviv dan daerah-daerah sekitarnya," terang Senior Vice President ACT Imam Akbari.

"Kesulitan hidup penduduk Gaza masih ditambah dengan sebagian penduduk yang rumahnya rata dengan tanah akibat terkena bom militer Israel," pungkas Imam.

Memasuki hari kedelapan, korban tewas akibat gempuran udara Israel ke Gaza semakin bertambah dan kini mencapai angka 186 jiwa. Jumlah ini melebihi jumlah korban tewas dalam konflik Zionis Israel dan Palestina yang terjadi November 2012 lalu.

Dalam dua serangan terpisah yang terjadi pada Senin (14/7) malam, dilaporkan 5 warga Palestina tewas. Juru bicara dinas urusan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra menuturkan, serangan udara di Rafah, Gaza bagian selatan menewaskan 3 orang, termasuk seorang anak.

Buka Kantor di Palestina

Perhatian luar biasa umat Islam Indonesia dan dunia kepada perkembangan nasib saudara-saudara muslim di Palestina, mendorong ACT untuk membuka kantor perwakilan di Gaza. Pembukaan kantor ini penting, mengingat konflik Israel-Palestina dipastikan bakal berkepanjangan.

Perang mungkin sekali waktu berhenti. Namun efek perang, yang membutuhkan aksi-aksi recovery bagi korban-korban perang, khususnya masyarakat sipil, tidak bisa diselesaikan hanya dalam hitungan hari. Belum lagi masalah insfrastruktur yang hancur atau rusak akibat perang.

"Dengan pembukaan kantor perwakilan ini, ke depan ACT bisa lebih cepat lagi melakukan aksi-aksi bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia, baik yang bersifat emergency maupun recovery," ujar Presiden ACT Ahyudin.

Tragedi Palestina yang kembali terjadi saat ini, ternyata menimbulkan hal positif, yakni kedekatan emosional dan spiritual yang makin kuat antara umat Islam Indonesia dan Palestina. Maka untuk terus menjalin silaturahim Indonesia-Palestina, harus ada tempat bagi ACT di Gaza yang menjadi sentral komunikasi kemanusiaan antara bangsa Palestina dan Indonesia.

Pada Senin (14/7/2014) malam, pukul 23.00 WIB ACT telah berhasil mengirim dua orang relawan yakni Andhika P Swasono dan dr. Fakhrur Razi ke Palestina. Mereka akan memasuki Gaza melalui jalur negara tetangga Palestina, Yordania.

"Kami mohon doa kepada seluruh bangsa Indonesia, agar Allah SWT memberikan kemampuan kepada ACT menjalankan amanat yang diberikan bangsa Indonesia untuk rakyat Palestina dengan baik dan sempurna," pinta Ahyudin.//Nograhany Widhi K - detikRamadan


Tinggalkan Komentar Anda

Nama
URL
Komentar
Kode Verifikasi 181 + 8 = ?
daftar menjadi mitra
Chat WhatsApp

Marketing 1 : 081372222925

Marketing 2 : 081372007711

 
Login Kemitraan
 
Login Sub Sales/Distributor
 
Hotel
  • Terletak strategis di area hiburan keluarga, romansa, pantai di Pulau Batam,.. selengkapnya »
  • Novotel Batam Hotel adalah hotel ramah keluarga yang terletak di pusat kota.. selengkapnya »
more »
 
Rental
more »
 
Info Payment
Bank BCA
8550031257
Solehudin S
Bank Mandiri
1090013049978
Solehudin S
BNI
0155733611
Solehudin S
BRI
065901000105562
Solehudin S

 
Copyright © 2013 Latansa Tour & Travel - Mitra Keagenan Tiket Online All Rights Reserved