Bahasa Indonesia English

BERITA

Replika Masjid dan Kapal Cheng Ho Batam menjadi Magnet Wisata

17 Maret 2017 09:22:16 / Hits : 410 / Posted by Administrator
Replika Masjid dan Kapal Cheng Ho Batam menjadi  Magnet Wisata

Anda Mungkin telah mengenal sosok Laksmana Cheng Ho dalam sejarah.

Dalam sejarah Indonesia, Laksamana Sam Po Kong dikenal dengan nama Zheng He, Cheng Ho, Sam Po Toa Lang, Sam Po Thay Jien, Sam Po Thay Kam, dan lain-lain. Laksamana Sam Po Kong berasal dari bangsa Hui, salah satu bangsa minoritas Tionghoa. Laksamana Cheng Ho adalah sosok bahariawan muslim Tionghoa yang tangguh dan berjasa besar terhadap pembauran, penyebaran, serta perkembangan Islam di Nusantara. Cheng Ho (1371 – 1435) adalah pria muslim keturunan Tionghoa, berasal dari propinsi Yunnan di Asia Barat Daya. Ia lahir dari keluarga muslim taat dan telah menjalankan ibadah haji yang dikenal dengan haji Ma.

Konon, pada usia sekitar 10 tahun Cheng Ho ditangkap oleh tentara Ming di Yunnan. Pangeran dari Yen, Chung Ti, tertarik melihat Cheng Ho kecil yang pintar, tampan, dan taat beribadah. Kemudian ia dijadikan anak asuh. Cheng Ho tumbuh menjadi pemuda pemberani dan brilian. Di kemudian hari ia memegang posisi penting sebagai Admiral Utama dalam angkatan perang.

Pada saat kaisar Cheung Tsu berkuasa, Cheng Ho diangkat menjadi admiral utama armada laut untuk memimpin ekspedisi pertama ke laut selatan pada tahun 1406. Sebagai admiral, Cheng Ho telah tujuh kali melakukan ekspedisi ke Asia Barat Daya dan Asia Tenggara. Selama 28 tahun (1405 – 1433 M) Cheng Ho telah melakukan pelayaran muhibah ke berbagai penjuru dunia dengan memimpin kurang lebih 208 kapal berukuran besar, menengah, dan kecil yang disertai dengan kurang lebih 27.800 awak kapal. Misi muhibah pelayaran yang dilaksanakan oleh Laksamana Cheng Ho bukan untuk melaksanakan ekspansi, melainkan melaksanakan misi perdagangan, diplomatik, perdamaian, dan persahabatan. Ini merupakan pelayaran yang menakjubkan, berbeda dengan pengembaraan yang dilakukan oleh pelaut Barat seperti Cristopherus Colombus, Vasco da Gamma, atau pun Magelhaes.

Sejarah tentang perjalanan muhibah Cheng Ho, hingga saat ini masih tetap diminati oleh berbagai kalangan, baik kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, maupun masyarakat keturunan Tionghoa. Chneg Ho telah menjadi duta pembauran negeri Tiongkok untuk Indonesia yang diutus oleh kaisar Dinasti Ming pada tahun Yong Le ke-3 (1405). Dalam tujuh kali perjalanan muhibahnya ke Indonesia, Laksamana Cheng Ho berkunjung ke Sumatera dan Pulau Jawa sebanyak enam kali.

Dalam perjalanan muhibahnya, setiap kali singgah di suatu daerah ia banyak menciptakan pembauran melalui bidang perdagangan, pertanian, dan peternakan.

Meski tiada bukti sahih bahwa Cheng Ho pernah mendaratkan kapalnya di Batam, namun dapat dipastikan bahwa armada kapal Cheng Ho berlayar melalui perairan Batam di Selat Malaka untuk memasuki wilayah Nusantara.



Nah anda di Batam bisa menyaksikan kisah2 perjalanan Cheng Ho itu secara nyata melalui replika Masjid dan Kapal Cheng Ho yang terletak di daerah Bengkong Batam

Masjid dan kapal Laksamana Cheng Ho di Golden Prawn Kota Batam, sudah menjadi salah satu objek penarik wisatawan mancanegara. Hampir setiap pekan, bangunan masjid dan kapal yang dibentuk mirip aslinya itu dikunjungi turis dari berbagai negara.

Masjid dan Kapal Laksamana Cheng Ho di Kota Batam merupakan replika dari masjid Laksamana Cheng Ho yang ada di Surabaya. 

Masjid ini dibangun selain untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, juga dibangun menjadi ikon wisata di Kepri.

"Masjid ini diprakarsai oleh salah seorang pengusaha Batam yang dikenal Abi, pemilik Restaurant seafood Golden Prawn.

Jadi bagi Anda yang hobi wisata sejarah disarankan untuk membuat wish list untuk berkunjung ke Replika MAsjid dan Kapal Cheng Ho  yang ada di Bengkong, Batam.


Silahkan kontak kami:

Latansa  Tour and Travel
Jl Raya Dapur 12 Bukit Seroja Blok A1
Sagulung, Batam
Telp: +62 778 7423065
Mobile: +62 81372222925 / 081372007711
email: info@solatiket.com


Tinggalkan Komentar Anda

Nama
URL
Komentar
Kode Verifikasi 123 + 2 = ?
daftar menjadi mitra
Online Support
TOURS & TRAVEL
Tour Travel
Marketing
UMROH & HAJI PLUS
AIRLINE TICKETS
Ticketing
Komplain Deposit
 
Login Kemitraan
 
Login Sub Sales/Distributor
 
Hotel
  • Swiss-Inn Batam adalah hotel bintang tiga yang sangat baik terletak sekitar 10.. selengkapnya »
  • Terletak strategis di area restoran, berbelanja, spa di Pulau Batam, Allium.. selengkapnya »
more »
 
Rental
  • Berikut ini adalah daftar harga rental mobil / sewa mobil. Semua mobil dalam.. selengkapnya »
more »
 
Info Payment
Bank BCA
8550031257
Solehudin S
Bank Mandiri
1090013049978
Solehudin S
BNI
0155733611
Solehudin S
BRI
065901000105562
Solehudin S
Mandiri Syariah
7042181239
Solehudin S

 
Copyright © 2013 Latansa Tour & Travel - Mitra Keagenan Tiket Online All Rights ReservedDeveloped by Beesolution.Net